Monthly Archives: March 2012

Branding Concept, dan Prinsip: Gak Kenal Kata Saingan

Tahun 2012 ini memang jadi tahun mulai bergulirnya GuratGarut di dunia nyata, ide-ide yang selama ini sering digodok (bukan di Godog, ataupun di Glodok, -red) akhirnya terealisasi juga. Dulu banyak banget ide yang muncul dikarenakan melihat perkembangan pariwisata Kota Garut tercinta ini, namun terlalu banyak pertimbangan malah gak jalan-jalan. Sadar kalau ide dan wacana itu butuh Hemaviton Action biar GRENG, akhirnya di akhir taun 2011 kami mulai melakukan pembuatan brand, tentunya dengan 3 prinsip utama yang sudah kita semua tahu: Unique Branding, Unique Desain, dan Unique Packaging.

Branding. Sempet muncul beberapa calon nama untuk brand Mamang ini, mulai dari yang sok cooleuheu seperti Glow (ini adalah bendera lama Mamang waktu jualan tahun 2005), sok British semisal The GemCity (alias Kota Intan huehehe), sampai yang sok ngampung kayak Badjoe-Anjar (baca: Baju Anyar, -red). Memang semua namanya sok-sokan, ya persis lah sama Mamang yang sok gaul. Bae lah sok gaul oge, asal jangan salah gaul weh kata Mamah Dedeh juga, ya kan? Emang Iye, Emang Begitu!

Sampai akhirnya dicetuskan sebuah nama yang bener-bener crunchy, kriuk-kriuk gitu, pedas menyengat telinga, dan nampol (naha jadi asa jiga iklan kiripik euy): GuratGarut. Nama ini ‘megang’ banget dalam beberapa aspek. Pertama, menunjukkan ciri khas utama Garut: IYA. Kedua, gampang buat diingat: IYA. Ketiga, filosofis juga IYA. Gurat itu kan artinya  tulisan atau pahatan. Jadi GuratGarut itu adalah di mana Mamang menuangkan ide, kecintaan, kerinduan, dan idealisme tentang Garut, dalam bentuk tulisan, dengan media yang beragam, kaos lah, pin lah, atau media-media lain yang akan segera menjadi produk GuratGarut selanjutnya. Ini bukan sekedar jualan, tapi ini adalah sebuah bentuk kreasi ditambah citarasa tinggi sebagai nilai jual!

Desain. Hmm, kalo soal desain, ini kan sifatnya dinamis banget. Setiap ada ide baru, bahkan setiap Mamang nagog (di kafe, di WC, di pinggir jalan menunggu bus) bisa lahir desain baru. Tapi yakin lah kalo desain Mamang mah pasti Unique.

Itu kalo desain produknya, nah kalo desain brand GuratGarut, bisa dilihat sendiri kaya gimana, kalo Mamang sih dari awal memang mendesain ini sebagai premium souvenir, jadi masih satu kelas di atas Solar, namun tidak semahal Pertamax (hadeuh capruk wae hehe). Yup, Mamang gak mau bikin Garut malu dengan souvenir yang kelasnya ecek-ecek, desain kami selalu elegan, namun dengan harga jual yang bersaing lah (sakieu wae sok loba keneh nu menta diskon geura — curhat saeutik ah) 🙂

Logo? Coba tebak, sebetulnya apa sih logonya GuratGarut itu? Hehehe, Mamang simpan itu sebagai misteri aja yah, biar seru kaya sinetron Indonesia, siapa tau atuh bahas logo aja bisa sampai 7 season, yah asal ga ada adegan naik elang raksasa, atau bertarung melawan ular naga dan buaya saja. Amit-amit! Hehe becanda deng, nantikan saja postingan khusus bahas logo GuratGarut ini 🙂

Packaging. Weits, kalo soal Packaging mah jangan ditanya. You beli kaos sama Mamang, you dapet lebih dari sekedar kaos 🙂 Label, spunpond bag, exclusive plastic bag, bahkan jualan Pin yang murmer pun packaging-nya yahud. Konsep bahwa bungkusnya pun harus masih bisa berguna jadi dasar pemikiran Mamang dalam membuat packaging produk-produk GuratGarut.

Lalu, ketika Mamang turun ke ‘Medan Perang’, rupanya sudah ada pemain lain di segmen bisnis ini. Hmmm… Takut? Nggak! Ngerasa ada saingan? Nggak juga tuh!

Mamang malah senang, sekarang orang-orang di Garut pada berpikiran maju. Yang jualan kaos tematik Garut ada beberapa, desainnya juga hampir semuanya unik, lucu, dan bagus. Mamang mah semangat liat yang lain juga semangat jualan, cuma nitip satu aja, jangan malu-maluin nama Garut. Owkey?

Ga ada lah kata-kata saingan, semua harus bisa maju bersama, tarik devisa sebesar-besarnya, manfaatkan momen berkembang pesatnya pariwisata di Kota Garut. Justru kalo ga ada brand lain, jadi kurang termotivasi buat terus melakukan imunisasi, eh inovasi deng haha, plus improvisasi tentu. Bahkan kalo ada brand lain yang mau ngajak diskusi, Mamang pasti menyambut dengan baik, komo mun bari ditraktir di restoran mah huehehe..

Berani maju bareng? HAYU!

Advertisements
Categories: Sharing | Tags: , , | Leave a comment

Bisnis Kaos, Karena Oleh-oleh Garut GAK cuma Dodol!

Howdy Garut, baru beberapa jam saja Mamang ninggalin Garut, rasanya udah kangen lagi aja. Long weekend kemaren benar-benar susuatu, kopi dua, bala-bala opat, pas cebaneun haha…

Eh beneran deng, sesuatu banget. Nyaris ga ada waktu istirahat.

Start di Jumat subuh, Mamang ngurusin packaging produk kaos baru, plus produk magnetic pin. Kepotong sholat Jumat, semuanya baru beres bada Ashar coba. Pyuhhh tapi gitu tuh kalo adrenaline lagi tinggi, soalnya udah kebayang Hari Sabtu dan Minggu mau beredar, buka bagasi, jualan on the road!

Kenapa sih Mamang semangat jualan kaos? Emang Garut masih kekurangan oleh-oleh alias souvenir gitu? Gak juga, tapi ada beberapa pertimbangan kenapa kaos yang dipilih buat jadi the next souvenir buat Garut.

Dari pandangan bisnis, kaos itu ga ada matinya. Ga dimakan jaman, ga ada musim-musiman, modenya ON terus, tahan lama dan bikin puas (haduh koq malah kaya iklan ON-Clinic haha), ga kenal basi, dan merupakan media berkreasi yang asik 🙂

Ah teori si Mamang mah! Gak juga, ini bukan pertama kali Mamang jualan kaos. Walau bukan pemain lama juga, tapi kalo dikilas-balik perjalanan Mamang di dunia kaos ini sudah lumayan lah.

Tahun 2005, Mamang pernah jual kaos pake sistem pre-order. Target pasar? SMA 1 Tarogong (sekarang SMA 1 Garut). Berhasil? Tentu, yang pesen cuma satu orang 😀 Padahal dulu mamang jual dengan margin yang bener-bener tipis, tapi memang segmen pasarnya bukan segmen konsumen aktif euy, akhirnya mau ga mau Mamang muter otak gimana cara biar si satu orang yang mesen ini ga kecewa, Mamang cari orderan via jual dedet ke temen-temen yang kenal, biar quota selusin supaya produksi bisa jalan itu terpenuhi.

Kapok? Nggak! Sebulan kemudian Mamang buka pre-order lagi. Target pasar kali ini? Sebuah fakultas di universitas ibukota. Berhasil? Alhamdulillah kali ini mah beneran berhasil, yang order lebih dari 120 orang yang artinya di atas 10 LUSIN! Beuh, quota minimum mah udah gak level lah haha 😀 Padahal harga jual di sini Mamang naikin dari yang di SMA, tapi lakunya nampol. Mamang sampe bisa beli kamera digital pertama Mamang dari labanya 🙂

Sehabis itu, karir di dunia kaos vakum dulu. Sampai sekarang punya visi baru buat bisnis lagi, dengan hati yang tak pernah lekang dari tanah kelahiran, Garut.

Kini @GuratGarut hadir. Sistemnya sudah Ready Stock. Target pasar? Jelas orang-orang yang berada di lingkaran Garut, karuhun, penduduk, orang yang KTP-nya Garut baik itu nembak atau jujur :D, juga orang-orang yang menginjakkan kakinya di Garut dari atas mobil-mobil berplat B, if you know what I mean 🙂

Berhasil? Tolak ukur keberhasilannya banyak, ada yang sudah dipenuhi, ada yang belum, dan karena ini masih on progress, sebuah perjalanan, keberhasilan belum menjadi kesimpulan, tapi menjadi proses pembelajaran. Banyak hal baru yang dipelajari dari berbisnis kali ini, banyak rekanan yang mulai tersambung benang kerja sama, dan banyak  teman baru yang jadi kenal dan berinteraksi, terlepas dari mereka itu adalah prospek potensial untuk jadi pembeli atau tidak.

Hingga kemarin tercetus sebuah tagline untuk bisnis ini, Karena Oleh-oleh Garut GAK cuma Dodol.. Yeah, Mamang pingin selain dodol nantinya para wisatawan yang datang ke Garut juga mencari souvenir alias oleh-oleh lain yang ga cuma berakhir di perut, dan semoga @GuratGarut mampu memenuhi peluang ini. Siapa tahu nanti @GuratGarut bisa menjadi seperti Dagadu-nya Garut, amien… 🙂

Categories: Kilas Balik, Sharing | Leave a comment

Terpercik keinginan tuk mulai berbagi

Bismillah, semoga isi blog ini mencerminkan judul dari tulisan pertama Mamang di sini… 🙂

Tadi Mamang baru saja melakukan blogwalking ke websitenya salah satu pengrajin yang bidang usahanya ga jauh dari bidang usaha Mamang. Hebat! Gitu kata Mamang melihat di websitenya isinya ga cuma jualannya dia saja, tapi banyak sharing pengetahuan dia tentang bidang usahanya.

Mamang juga mau waktu Mamang di dunia ini punya value, ga cuma nongol di infotainment sambil gandeng polisi ganteng (lho?), atau goyang-goyang dengan koreografi cuci-jemur di acara musik di tipi (ehem!), atau bebeakan jualan tapi ga ada nilai lebih yang didapat sama pelanggan Mamang.

Kenapa ga di twitter aja Mang? Kan di twitter juga suka sharing yang ga penting sampai bacanya harus sambil miring sampe kepala pusing tujuh keliling kaya habis makan daging kambing.. G AH, 140 krktr trllu mbtsi mmg dlm mbgi nlai n ilmu yg mw mmg bg, tuh kn ap kt mmg jg, ssh klo cm 140 krktr mah 😛

Justru Mamang di sini juga pengen menceritakan di balik tweet-tweet Mamang yang menurut sebagian orang lucu jiga anak ucing, tapi kata sebagian lainnya garing kaya korong kapoe.

Kenapa sih Mang ga jualan doank aja gitu, pake harus ngetweet ga jelas gitu, kasian tetangga saya Mang ga bisa tidur gara-gara saya baca tweet Mamang sampe ngakak terkentut-kentut, jadi aja Gempa Bumi skala 5 Richter!!! Simple, kalo dari segi bisnis, orang yang hatinya senang pasti akan lebih mudah tertarik membeli, ya ga? Walau Mamang bukan lulusan fakultas ekonomi, tapi masa sih gini aja ga ngerti? Mikir atuh dek! Lagian masa kentutnya sampe gempa, makan apa atuh ari maneh? Curiga makan beuleum karbit..

Tapi, bukan cuma buat tujuan bisnis aja koq Mamang bikin tweet-tweet #GuyonGarut yang penomenal itu (PD aja lah, biarin salah nulis juga, lumrah buat orang Sunda mah hehe). Melalui guyonan sederhana yang aktual seperti itu, Mamang berharap bisa berinteraksi lebih dekat dengan para wargi follower @GuratGarut di manapun berada. Sudah mau 9 tahun Mamang merantau meninggalkan Garut, Mamang ingin sekali merasakan atmosfer kekerabatan warga Garut yang selalu dirindu, seperti rindunya Marwan kepada Mawar, dan rindunya Kimmy kepada Sule (hehehe).

Masih jauh dari cukup rasanya sumbangsih Mamang buat Garut tercinta ini, paling hanya tiap Lebaran bagi-bagi duit sama anak-anak Garut, itu juga karena emak-bapaknya pada ngancam mau nyumpahin Mamang jadi jomblo mulia kalo ga ngasih. Semulia-mulianya jomblo, tetap saja rasanya terhina, teu ngeunah asa keur modol aya nu ngecrik!

Hehe, sudah semakin menyimpang saja tulisan Mamang ini, sebelum semakin tersesat lebih baik kita akhiri tulisan pertama ini, namun tak lupa Mamang mengingatkan, tanya pada dirimu apa sumbangsih yang sudah kamu berikan pada kampung halamanmu tercinta dan orang-orangnya yang bersahaja?

Belum ada? Good, mari saling berbagi dan mengingatkan, bahwa setiap manusia sebetulnya mempunyai misi mulia untuk memberikan value atau nilai lebih bagi sekitarnya…

Salam Leuleupeutan, Geus dibaca kalahka nundutan 😀

Categories: Sharing | Tags: , | 2 Comments

Blog at WordPress.com.