Branding Concept, dan Prinsip: Gak Kenal Kata Saingan

Tahun 2012 ini memang jadi tahun mulai bergulirnya GuratGarut di dunia nyata, ide-ide yang selama ini sering digodok (bukan di Godog, ataupun di Glodok, -red) akhirnya terealisasi juga. Dulu banyak banget ide yang muncul dikarenakan melihat perkembangan pariwisata Kota Garut tercinta ini, namun terlalu banyak pertimbangan malah gak jalan-jalan. Sadar kalau ide dan wacana itu butuh Hemaviton Action biar GRENG, akhirnya di akhir taun 2011 kami mulai melakukan pembuatan brand, tentunya dengan 3 prinsip utama yang sudah kita semua tahu: Unique Branding, Unique Desain, dan Unique Packaging.

Branding. Sempet muncul beberapa calon nama untuk brand Mamang ini, mulai dari yang sok cooleuheu seperti Glow (ini adalah bendera lama Mamang waktu jualan tahun 2005), sok British semisal The GemCity (alias Kota Intan huehehe), sampai yang sok ngampung kayak Badjoe-Anjar (baca: Baju Anyar, -red). Memang semua namanya sok-sokan, ya persis lah sama Mamang yang sok gaul. Bae lah sok gaul oge, asal jangan salah gaul weh kata Mamah Dedeh juga, ya kan? Emang Iye, Emang Begitu!

Sampai akhirnya dicetuskan sebuah nama yang bener-bener crunchy, kriuk-kriuk gitu, pedas menyengat telinga, dan nampol (naha jadi asa jiga iklan kiripik euy): GuratGarut. Nama ini ‘megang’ banget dalam beberapa aspek. Pertama, menunjukkan ciri khas utama Garut: IYA. Kedua, gampang buat diingat: IYA. Ketiga, filosofis juga IYA. Gurat itu kan artinya  tulisan atau pahatan. Jadi GuratGarut itu adalah di mana Mamang menuangkan ide, kecintaan, kerinduan, dan idealisme tentang Garut, dalam bentuk tulisan, dengan media yang beragam, kaos lah, pin lah, atau media-media lain yang akan segera menjadi produk GuratGarut selanjutnya. Ini bukan sekedar jualan, tapi ini adalah sebuah bentuk kreasi ditambah citarasa tinggi sebagai nilai jual!

Desain. Hmm, kalo soal desain, ini kan sifatnya dinamis banget. Setiap ada ide baru, bahkan setiap Mamang nagog (di kafe, di WC, di pinggir jalan menunggu bus) bisa lahir desain baru. Tapi yakin lah kalo desain Mamang mah pasti Unique.

Itu kalo desain produknya, nah kalo desain brand GuratGarut, bisa dilihat sendiri kaya gimana, kalo Mamang sih dari awal memang mendesain ini sebagai premium souvenir, jadi masih satu kelas di atas Solar, namun tidak semahal Pertamax (hadeuh capruk wae hehe). Yup, Mamang gak mau bikin Garut malu dengan souvenir yang kelasnya ecek-ecek, desain kami selalu elegan, namun dengan harga jual yang bersaing lah (sakieu wae sok loba keneh nu menta diskon geura — curhat saeutik ah)🙂

Logo? Coba tebak, sebetulnya apa sih logonya GuratGarut itu? Hehehe, Mamang simpan itu sebagai misteri aja yah, biar seru kaya sinetron Indonesia, siapa tau atuh bahas logo aja bisa sampai 7 season, yah asal ga ada adegan naik elang raksasa, atau bertarung melawan ular naga dan buaya saja. Amit-amit! Hehe becanda deng, nantikan saja postingan khusus bahas logo GuratGarut ini🙂

Packaging. Weits, kalo soal Packaging mah jangan ditanya. You beli kaos sama Mamang, you dapet lebih dari sekedar kaos🙂 Label, spunpond bag, exclusive plastic bag, bahkan jualan Pin yang murmer pun packaging-nya yahud. Konsep bahwa bungkusnya pun harus masih bisa berguna jadi dasar pemikiran Mamang dalam membuat packaging produk-produk GuratGarut.

Lalu, ketika Mamang turun ke ‘Medan Perang’, rupanya sudah ada pemain lain di segmen bisnis ini. Hmmm… Takut? Nggak! Ngerasa ada saingan? Nggak juga tuh!

Mamang malah senang, sekarang orang-orang di Garut pada berpikiran maju. Yang jualan kaos tematik Garut ada beberapa, desainnya juga hampir semuanya unik, lucu, dan bagus. Mamang mah semangat liat yang lain juga semangat jualan, cuma nitip satu aja, jangan malu-maluin nama Garut. Owkey?

Ga ada lah kata-kata saingan, semua harus bisa maju bersama, tarik devisa sebesar-besarnya, manfaatkan momen berkembang pesatnya pariwisata di Kota Garut. Justru kalo ga ada brand lain, jadi kurang termotivasi buat terus melakukan imunisasi, eh inovasi deng haha, plus improvisasi tentu. Bahkan kalo ada brand lain yang mau ngajak diskusi, Mamang pasti menyambut dengan baik, komo mun bari ditraktir di restoran mah huehehe..

Berani maju bareng? HAYU!

Categories: Sharing | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: